Al Amoudi 26 Maret 2019 – Rombongan umroh plus Aqsha, sedang berkunjung ke Museum Al Amoudi di hari terkahirnya di Kota Mekkah. .

Ada yang tahu tentang Museum Al Amoudi? Saat pertama memasukinya, Kita Seperti sedang memasuki Lorong Waktu menuju Zaman Arab kuno.

Yuk kenali Lebih dekat Apasih Museum Al Amoudi itu? Siapa tahu kita bisa kesana langsung. Aamiin.

Museum Al Amoudi berada di daerah El Shimeisi ini merupakan museum unik yang bertujuan mengajak pengunjung melihat sekilas kehidupan bangsa Arab di masa lalu.

Museum dengan ciri khas bangunan benteng ini dikelola oleh lembaga swasta. Isi dari museum ini banyak dan juga instagramable. Adapun koleksi yang ada di dalam museum ini berupa peralatan masak-memasak pada zaman Arab kuno. Juga pakaian adat dan perhiasan pada masa itu yang bisa dipakai dan berfoto di museum ini. Ada juga sejumlah pedang pada zaman kuno yang ternyata jika diangkat oleh seseorang akan terasa sangat berat.

Tampak juga dari depan bangunan museum Al Amoudi ini seperti sebuah benteng pada masa perang. Warna bangunannya coklat, karena terbuat dari campuran lumpur dan susu. Persis rumah khas Arab pada masa lalu. Dari beberapa info yang kuat, bangunan museum ini seluas 2000 meter persegi dibangun oleh Abu Bakar Al Amoudi. Dari sinilah sumber nama museum Al Amoudi. Dia membangun museum ini di jalan raya Mekkah-Jeddah, 20 tahun sebelum jalanan tersebut dibuka pada 1435 H.

Selain foto Raja Salman yang terpampang di depan museum, juga terlihat mobil Mercedes Bens Kuno, dan yang tak habis pikir ada bajaj berwarna merah.

Deretan koleksi senjata dan pakaian tradisional menghiasi sisi sudut ruangan museum tersebut tampak juga menarik perhatian para pengunjung. Selain itu, ada foto 3 dimensi Hajar Aswad, pengunjung bisa berfoto di dekatnya dengan gaya seolah-olah mencium Hajar Aswad yang asli. Bagaimana? Penasaran Bukan?
.
Hajar Aswad Mubaroq
Jl. Ahmad Yani 278E, Manahan, Banjarsari, Surakarta
☎ 0271-731982, 08112554044
Email: hajaraswadindo@gmail.com
Website: hajaraswad.id